Rabu, 17 Desember 2014

PEMBAYARAN ELEKTRONIK (E-Payment)


(E-payment)
E-payment adalah suatu bentuk mekanisme pembayaran yang dilakukan melalui Internet untuk transaksi pembelian barang dan jasa oleh customer. Dalam pelaksanaannya, e-payment melibatkan beberapa pihak yaitu :
1.    Issuer
Bank atau institusi nonbank yang menerbitkan instrumen e-payment yang akan digunakan dalam proses jual beli online.
2.    Customer/Payer/Buyer
Pihak yang melakukan pembayaran secara online atas barang atau jasa yang dibelinya.
3.    Merchant/Payee/Seller
Pihak yang menerima pembayaran secara online atas barang atau jasa yang dijualnya.
4.    Regulator
Biasanya adalah pihak pemerintah yang membuat aturan mengenai pengaturan proses e-payment
Jenis E-payment
Saat ini sudah banyak bentuk e-payment yang beredar, berikut beberapa diantaranya :
1.      Payment Card
Pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan kartu kredit atau kartu debit.
2.      E-wallet
Pengguna memiliki akun dimana didalamnya terdapat data jumlah uang yang mereka miliki pada akun tersebut dan dapat digunakan untuk melakukan transaksi jual beli secara online.
3.      Smart Card
Merupakan kartu yang didalamnya sudah tertanam oleh microchip khusus, memori elektronik, dan baterai. Smart card mengandung informasi mengenai pengguna yang memiliki hak untuk menggunakannya.
4.      E-cash
E-cash merupakan versi digital dari mata uang kertas dan koin yang sudah ada sebelumnya yang memungkinkan pembayaran barang-barang dengan harga rendah secara aman dan anonym.
5.      E-check
Merupakan cek versi digital yang dapat dicairkan secara langsung ke bank.
Manfaat Penggunaan E-Payment
Dalam pengimplementasiannya, e-payment memiliki berbagai manfaat, diantaranya:
·      Meningkatkan efisiensi pembayaran
·      Meningkatkan customer loyality
·      Memberikan keamanan bertransakasi yang lebih dibandingkan cash
·      Meningkatkan efektivitas dan efisiensi waktu
·      Memberikan kemudahan pembyaran dan perluasan media pembayaran
Kelebihan Penggunaan E-Payment
E-Payment memiliki beberapa keunggulan atau kelebihan, yaitu:
·      Lebih cepat atau nyaman dalam melkukan transaksi pembayaran
·      Pilihan produk layanan dapat terus ditingkatkan
·      Lebih efektif dan efisien waktu
·      Memberikan keamanan dalam bertransaksi
Nilai Bagi Perusahaan dalam Penggunaan E-Payment
Perusahaan dapat dengan mudah dalam memberikan pelayanan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Dengan semakin meningkatnya kinerja keamanan di Indonesia diharapkan semakin menciptakan situasi yang kondusif bagi perkembangan industri kepariwisataan nasional.
Perbandingan Antara Pembayaran Menggunakan E-Payment dengan Pembayaran Secara Konvensional
Jenis Transaksi -> Proses Transaksi
1. E-Payment -> Menggunakan metode yang kompleks dalam melakukan proses pembayaran dan memiliki sistem keamanan sendiri (lebih aman).
2. Konvensional -> Pengisian formulir pembayaran dilakukan secara manual (keamanan tidak terjamin).
Kerugian Yang Mungkin Muncul
Selain kelebihan, e-payment juga memiliki kerugian yang mungkin muncul. Kerugian itu diantaranya adalah:
·         Infrastruktur Telekomunikasi di Indonesia masih terbatas dan harganya masih relatif lebih mahal.
·         Orang Indonesia masih belum/tidak terbiasa melakukan pembayaran elektronik.
·         Masalah keamanan yang membuat orang takut melakukan transaksi.
·         Munculnya kejahatan baru.
·         Kurangnya pengetahuan IT di Indonesia.
·         Tidak semua orang memiliki akses terhadap internet.


sumber : https://claronwordpress.wordpress.com/2013/01/13/sistem-pembayaran-elektronik/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar